Training Aplikatif

NLP Praktis

”NEUROLINGUISTIC HYPNO-NURSING”

Ketrampilan Komunikasi Bawah Sadar untuk Praktisi Medis

 Pendahuluan

Professional di bidang medis, baik seorang dokter, perawat, bidan maupun paramedic memiliki tanggung jawab besar atas kesehatan dan keselamatan pasien yang dibantunya. Tentu saja hal ini sangat terkait dengan kompetensi, baik kompetensi medis yang terkait dengan profesi maupun kemampuan pengelolaan mental dan piskologis. Kesembuhan, kesehatan dan keselamatan pasien tidak hanya ditentukan oleh pengetahuan medis, lebih dari itu kemampuan berkomunikasi, memotivasi dan mengelola mental pasien sangat diperlukan untuk mendukung keberhasilan menjalankan profesi tenaga medis.

Dewasa ini, terutama di negara-negara maju, termasuk di beberapa negara tetangga kita, pengembangan keilmuan dan teknologi yang terkait dengan pemberdayaan dan optimalisasi fungsi pikiran manusia semakin pesat. Paradigma bahwa kesembuhan dan kesehatan seseorang lebih banyak ditentukan oleh bagaimana seseorang mangelola keyakinan, mental dan psikologisnya, semakin terbukti dan dijadikan dasar pijakan berbagai therapy. Kasus-kasus psikosomatis ternyata lebih banyak muncul meskipun yang terdeteksi adalah symptom-simptom fisik.

Memahami hal ini, semakin banyak professional di bidang medis yang mempelajari ilmu dan teknologi pengelolaan, pemberdayaan dan optimalisasi pikiran manusia. Saat ini, yang paling banyak dipelajari dan dipraktikkan dengan cepat, praktis dan menghasilkan impact yang positif adalah NLP (Neuro Linguistic Programming), yaitu metode optimalisasi pikiran yang dikembangkan oleh Prof. John Grinder dan Dr. Richard Bandler sejak tahun 1970-an di Amerika Serikat.

Dalam dunia medis, NLP memberikan kontribusi yang sangat luar biasa dalam hal mempercepat proses therapy, baik untuk menangani gejala psikosomatis, menghilangkan gejala-gejala simptomatis, maupun menghilangkan gangguan psikologis seperti stress, trauma, phobia, kompulsi maupun kebiasaan negatif seperti mengompol, pelupa dan sebagainya. Lebih jauh NLP dapat membantu memperlancar proses dengan meminimalkan rasa sakit, mempersiapkan mental Ibu Hamil, mengurangi berat badan, mempermudah proses penyapihan, membantu bedah mulut tanpa anestesi medis, dan sebagainya.

Manfaat Program

 Setelah mengikuti training ini, diharapkan peserta:

  1. Memahami cara kerja otak dan pikiran manusia dalam mengontrol fungsi-fungsi fisiologis tubuh manusia
  2. Mampu melakukan komunikasi yang efektif, termasuk komunikasi therapeutic
  3. Mampu melakukan teknik relaksasi untuk menenangkan dan menyamankan pasien
  4. Mampu melakukan teknik hypno-anesthesia sederhana
  5. Mampu memprogram diri untuk membangun, meningkatkan dan memelihara motivasi diri agar selalu tampil prima dalam setiap situasi.

Garis Besar Program

  1. Pemahaman tentang jalan pikiran manusia (Human Representational System)
  2. Pemahaman Komunikasi Sadar dan Bawah Sadar (Conscious & Unconscious Mind).
  3. Teknik membangun kepercayaan dan menghilangkan hambatan komunikasi secara cepat (Instant Rapport).
  4. Teknik komunikasi yang efektif dengan 3V (Verbal, Vocal dan Visual).
  5. Teknik Neurolinguistic Relaxation praktis
  6. Teknik Neurolinguistic Hypno-Anesthesia sederhana
  7. Teknik pemrograman diri dan pikiran untuk motivasi dan etos kerja, baik untuk diri sendiri maupun membantu orang lain (Mind Programming).

Metode

  • Pemaparan materi
  • Simulasi
  • Tanya Jawab
  • Praktik

Durasi

1 hari x 7 Jam efektif

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>